Peringati Maulid Nabi Muhammad, Jumahana; “Tingkatkan Moderasi Beragama”

MAN 2 Padang Lawas menyelengarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, Jum’at(29/10). Kegiatan ini mengambil tema “Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H/2021 M, Kota Tingkatkan Moderasi Kehidupan Beragama di Madrasah”. Acara ini dihadiri oleh seluruh siswa dan guru/pegawai MAN 2 Padang Lawas. Sejak pukul 7 pagi para siswa dan guru telah memadati halaman utama madrasah.

Peringatan Maulid 1443 Hijriah ini berlangsung dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Seluruh siswa dan pengisi acara diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki lokasi acara.

Kegiatan dimulai dengan acara yang menampilkan kreativitas dan keterampilan nasyid siswa MAN 2 Padang Lawas.

Kepala MAN 2 Padang Lawas dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya pemahaman siswa tentang perjalanan sejarah Nabi Muhammad Saw dalam menerapkan moderasi beragama di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Nabi Muhammad Saw sebagai uswatun hasanah bagi kita. Dan sudah selayaknya kita junjung ajaran beliau dalam segala lini kehidupan.” Jelas Jumahana.

Dia menambahkan, “Rasulullah berhasil membangun kota Yatsrib (Madinah) menjadi negara demokrasi yang berhasil. Di mana setiap warganya terjamin keamanan dan kebebasan menjalankan ibadah tanpa saling mengganggu.”

Dalam kesempatan Maulid kali ini, MAN 2 Padang Lawas menghadirkan Ustadz Taufik Akbar Hasibuan, M.Pd yang juga merupakan tokoh MUI kecamatan Barumun Tengah.

Beliau menyampaikan pentingnya teladan bagi seluruh siswa. Yang dimulai dari guru, di mana guru adalah sosok yang digugu dan ditiru.

“Ananda sekalian, Nabi Muhammad sudah mewariskan ilmunya kepada para guru maka manfaatkan usia sekolah ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya.” Tutupnya. (Humas/MK)