Penerimaan Tamu Ambalan Raja Inal Siregar dan Yuniar Pane MAN 2 Padang Lawas

Binanga, Ambalan Raja Inal Siregar dan Yuniar Pane Gugus depan Gerakan Pramuka 02.145 – 02.146 Pangkalan MAN 2 Padang Lawas melaksanakan Penerimaan Tamu Ambalan bertempat di lapangan utama MAN 2 Padang Lawas. Turut hadir dalam kegiatan ini kepala MAN 2 Padang Lawas, selaku Kamabigus, Hermansyah Siregar dan Aman Harahap selaku Andalan Penegak dan Andalan Penggalang Kwarcab Paramuka Kabupaten Padang Lawas. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30-31 Oktober 2021.

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan kegiatan tahunan dari gugus depan MAN 2 Padang Lawas. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk penyambutan siswa baru atau adik-adik penggalang yang akan menjadi bagian dari ambalan penegak MAN 2 Padang Lawas.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala MAN 2 Padang Lawas Dra. Jumahana selaku Majelis Pembimbing Gugus depan (Mabigus) MAN 2 Padang Lawas. Mabigus berpesan untuk adik-adik Pramuka agar dapat mengikuti kegiatan Pramuka dengan sungguh-sungguh dan mampu menjadi contoh bagi peserta didik yang lain.

“Adik-adik harus mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan antusias. Dan jadilah insan mandiri dan bermanfaat di mana pun berada.”

Pembina Pramuka, Fakiuddin Harahap, S.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan fase awal bagi siswa baru atau Tamu Ambalan dalam rangka mengenal karakter dan jati diri Ambalan MAN 2 Padang Lawas.

“Tamu Ambalan harus dapat mengenal dan memahami adat-istiadat yang menjadi norma ambalan MAN 2 Padang Lawas,” ucap Faki.

Lebih lanjut, Rukiah Khairani Sipahutar, S.Pd juga menyampaikan bahwa setelah menjadi Tamu Ambalan, mereka tidak seketika langsung menjadi Penegak, tetapi harus melewati fase menjadi Calon Penegak terlebih dahulu. Tahapannya adalah Tamu Ambalan dengan sukarela menyatakan diri sanggup menaati peraturan dan adat ambalan serta diterima oleh semua anggota ambalan untuk menjadi anggota ambalan. “Tentu agar terpilih Penegak yang punya kapasitas dan loyalitas serta menjaga adat istiadat ambalan,” tutup Rukiah. (Humas/MK)