Memperingati Hari Aksara Internasional dalam Suasana Covid-19

Hari Literasi Internasional atau biasa disebut Hari Aksara Internasional diperingati setiap tanggal 8 September setiap tahunnya. Tujuan dibentuknya Hari Aksara Internasional adalah sebagai penghargaan kepada pihak yang turut berjuang dalam menekan angka buta aksara di dunia.

Tema yang akan diangkat pada Hari Aksara Internasional tahun ini adalah “Literacy Teaching and Learning in the Covid-19 Crisis and Beyond with Particular Focus on The Role of Educators and Changing Pedagogies.” Mengacu tema tersebut, Kemendikbud pun menetapkan tema “Pembelajaran Literasi di Masa Pandemik Covid-19 dan Momentum Perubahan Paradigma Pendidikan”. Pada tahun-tahun sebelumnya strategi penuntasan buta aksara difokuskan pada daerah “Tertinggal, Terdepan dan Terluar” karena sulitnya jangkauan dan fasilitas dalam daerah tersebut. Untuk itu Kemendikbud mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan menunjukkan upayanya dalam peningkatan literasi di berbagai wilayah khususnya di daerah 3T tersebut.

Kepala MAN 2 Padang Lawas juga sangat mendukung dalam proses belajar-mengajar dalam upaya menekan angka buta aksara. Juhan Siregar, M.Pd berharap agar para tenaga pendidik di MAN 2 Padang Lawas selalu semangat dan sabar dalam membimbing siswa untuk dapat membaca dengan baik dan benar khususnya bagi siswa yang berada dalam daerah 3T. Juhan Siregar, M.Pd juga mengimbau agar para tenaga pendidik memberikan waktu khusus untuk mengajarkan dan membimbing siswa yang masih belum lancar dalam membaca khususnya siswa-siswi yang berada di daerah 3T. Tidak hanya membaca tulisan-tulisan dalam Bahasa Indonesia tetapi juga lancar membaca tulisan-tulisan Arab khususnya baca-tulis Al-Qur’an, sehingga kedepannya siswa-siswi lulusan MAN 2 Padang Lawas dapat menguasai baca-tulis Bahasa Indonesia maupun Al-Qur’an secara keseluruhan. (DA/MK)

 

Website: https://www.man2palas.sch.id
Fanpage: MAN 2 Padang Lawas
Instagram: @man2palas